Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

Gus Ipul Ajak Pelajar Menabung Sejak Dini

Gus Ipul Ajak Pelajar Menabung Sejak Dini

Hal ini akan dilakukan oleh orang tua yang memiliki anak pada usia remaja. Artinya, anak berada pada situasi benar-benar membutuhkan fasilitas ini di dalam kehidupannya. Tentunya Anda juga harus memberikan pengertian yang jelas terhadap penggunaan kartu kredit tersebut.

Mengajari anak tentang uang, mengelolanya, menabung dan menghabiskannya dengan bijak adalah perangkat penting yang harus diajarkan pada anak (Priyatna dalam buku “Ayo ajarkan Anak Tanggung Jawab Finansial”, 2012). Priyatna juga menyebut bahwa orangtua sudah dapat mulai mengajarkan tanggung jawab finansial sejak anak menginjak usia three Kong4D tahun. Selain bjb Tandamata My First ada pula produk tabungan bjb Simpanan Pelajar . Tabungan bjb SimPel ini cocok bagi pelajar mulai dari tingkat Pendidikan Anak Usia Dini , Taman Kanak-kanak , Sekolah Dasar , Sekolah Menengah Pertama , hingga Sekolah Menengah Atas .

Menabung sejak dini

Si kecil akan lebih menghargai nilai uang bila ia sedang mengumpulkannya untuk membeli sesuatu. Hal ini tentu berlawanan dengan anak-anak yang tidak pernah diajarkan menabung dan keinginannya selalu dipenuhi sang orang tua. Anak-anak yang dimanjakan dengan materi yang berlimpah akan tumbuh menjadi pribadi yang boros dan kurang bisa menghargai uang. Tetapi, tujuannya bukan spesifik untuk inklusi keuangan, melainkan agar pelajar terdidik dan memiliki budaya menabung. REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA– Otoritas Jasa Keuangan berupaya mengajak masyarakat dapat menanamkan budaya menabung sejak dini.

Dengan suggestions di atas kita dapat mengajarkan anak mengetahui manfaat menabung sejak dini, sehingga kedepannya anak dapat mengatur dan mengandalkan tabungannya sendiri, dan tidak meminta kepada orang tuanya lagi. Jiwa gigih dan tekun siswa akan menjadi nilai tambah tersendiri dalam membangun kebiasaan menabung. Dengan adanya KSPPS HANIVA, diharapkan orang tua tidak lagi khawatir tentang pendidikan menabung untuk anak-anaknya, khususnya untuk mereka yang sekolah di lembaga yang bekerjasama dengannya. Dengan produk tabungan ASHA anak-anak dapat langsung setor tabungan sendiri kepada petugasnya dan langsung bisa mengecek tabungannya sendiri. Manfaat lain, untuk para guru tidak perlu repot lagi dalam mengelola tabungan siswanya, karena petugas KSPPS Haniva yang akan langsung datang untuk mengelola tabungan anak-anak di sekolah.

Jika anak sudah memahami konsep uang dengan benar, maka langkah selanjutnya adalah memberikan penjelasan tentang manfaat menabung untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan buah hati sehingga anak lebih mudah memahaminya. Kondisi ekonomi yang menurun juga berpotensi untuk membuat penghasilan orangtua berkurang. Banyaknya orang tua yang awam dengan investasi lain, seperti reksadana dan saham, membuat tabungan untuk anak masih menjadi pilihan terpercaya orangtua. Untuk mempersiapkan masa depan buah hati Anda, tentu banyak hal yang harus dipersiapkan, salah satunya adalah menyiapkan tabungan untuk dana pendidikan anak yang kian meningkat.

Mulailah untuk menabung pada tempat yang tidak dengan mudah dilihat, misalnya celengan. Kemudian, akan terus berlanjut menabung di financial institution, yang mana uang tak terlihat dan bukan hal mudah untuk diambil seperti di toples atau amplop. Contoh, apabila anak ingin membeli sebuah mainan, baiknya tidak langsung diberikan begitu saja. Anda bisa memberikan anak sebuah tugas seperti mengumpulkan uang jajan dari uang sakunya, dengan usaha membantu Anda mencuci kendaran, atau membantu ibu belanja di pasar sembari diberi upah sesudahnya. Pertama, menabung dapat mengajari anak untuk menghargai uang dan tidak menghambur-hamburkannya.

Oleh sebab itu, berikan pengertian kepada anak berapa lama waktu yang ia butuhkan untuk menabung sebelum dapat membeli mainan. Apakah dengan Rp1000 per hari bisa membeli mainan seharga Rp100 ribuan dalam waktu 30 hari. Itu harus dilakukan agar anak termotivasi dan bersemangat, sedikit lagi uangnya terkumpul untuk membeli mainan. Sebelum mengajari menabung, orang tua bisa mengenalkan warna, bentuk dan nominal uang secara bertahap dengan bahasa yang sederhana.

Secara khusus, Wagub menghimbau seluruh pelajar di Provinsi Jambi untuk menabung dalam program SimPel . Wakil Gubernur Jambi, Dr Drs H Fachrori Umar,M.Hum menghimbau masyarakat Provinsi Jambi untuk menabung. Minta hentikan budaya konsumtif dan menabung dibawah bantal, Wagub beri himbauan.

Comments are closed.